Pameran Virtual Untuk Mendorong Potensi UMKM NTT Oleh Mahasiswa Pascasarjana SBM ITB

Jakarta, 30 Mei 2023 – Mahasiswa Pascasarjana Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB telah melaksanakan pengabdian masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan menyelenggarakan pameran UMKM NTT secara virtual sebagai acara puncaknya.

Dengan tema “Knowledge Transfer untuk Penerapan Teknologi Tepat Guna Integrated Digital Marketing di Kupang: Introduksi Peran Micro-influencer TikTok dan Penerapan Augmented Reality dan Virtual Reality Gallery (AR VR) pada Bidang Usaha Kreatif Daerah”, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendorong optimalisasi potensi masyarakat di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terkuat).

Pameran virtual ini akan digelar pada minggu ke-4 September mendatang dan melibatkan belasan UKM yang berada di bawah naungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Melalui pameran ini, diharapkan kesempatan dan eksposur bagi UMKM NTT dapat diperluas sehingga mereka lebih dikenal secara nasional.

Raja Aksana Alrando, Project Manager Pengabdian Masyarakat SBM ITB, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah langkah kecil dan komitmen dalam mendukung UMKM di NTT secara konkret dan tepat guna melalui program pengabdian masyarakat. Selain mendukung adopsi dan pemasaran digital yang terintegrasi, program ini juga bertujuan untuk mentransfer pengetahuan dari SBM ITB kepada pelaku utama, yaitu UMKM dan Pemerintah Daerah. Kegiatan ini telah dirancang secara komprehensif dari perencanaan, implementasi, hingga evaluasi.

Fokus dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mendorong dan memperkuat potensi UMKM di NTT melalui pemasaran digital dengan penerapan teknologi augmented reality dan virtual reality secara sederhana. Selain itu, para mahasiswa juga memberikan edukasi tentang peningkatan awareness melalui media sosial seperti TikTok dengan memanfaatkan micro-influencer lokal dari Kupang.

Program pengabdian masyarakat ini disambut hangat oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi NTT dan Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW), sebagai universitas setempat. Julie Sutrisno Laiskodat, Ketua Dekranasda NTT, menyambut baik inisiatif dari Tim Pengabdian Masyarakat SBM ITB. Implementasi digital marketing yang spesifik, terutama di platform TikTok, dipercaya akan menarik minat pembeli dari luar NTT dan mendukung UMKM secara signifikan.

Kegiatan ini telah dimulai sejak Juli, dan ke depannya akan melibatkan beberapa aktivitas kunci secara bertahap. Pameran virtual untuk belasan UKM di bawah naungan Dekranasda NTT akan menjadi salah satu rangkaian acara utama. Selain itu, akan dilakukan acara seremonial dan seminar untuk memaparkan hasil implementasi program.

Selama proses persiapan pameran virtual, Tim Pengabdian Masyarakat juga telah melakukan aktivitas transfer pengetahuan terkait kampanye digital marketing kepada pihak yang terlibat, seperti Dekranasda Provinsi NTT, Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW), dan beberapa UKM binaan Dekranasda NTT.

Rencananya, Tim Pengabdian Masyarakat akan terus bersinergi dengan Dekranasda, UKAW, dan UKM binaan untuk melaksanakan kegiatan berupa:

1. Penyusunan dan eksekusi kampanye melalui konten marketing yang melibatkan micro-influencer untuk produk UKM binaan.

2. Pembuatan augmented reality untuk mendorong inklusivitas dan mempermudah komunikasi dengan teman tuli melalui AR Video Filter dan efek di Instagram.

3. Pembuatan ruang pameran virtual untuk belasan UKM di bawah naungan Dekranasda NTT.

4. Seremonial dan seminar serta pemaparan hasil implementasi program yang telah dilakukan.

Program pengabdian masyarakat ini merupakan inisiatif dari mahasiswa Pascasarjana SBM ITB dan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM di Nusa Tenggara Timur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *